Virus Corona

Virus Corona adalah virus yang menyerang sistim pernafasan yang menyebabkan gangguan pada sistim pernafasan, pneunomia akut, sampai kematian. Virus Corona ditemukan di kota Wuhan Cina pada akhir Desember 2019, Virus ini menular denga cepat sampai ke bebarapa negara. Selain itu ada MERS ( Midle East Respiratory Syndrome) dan SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome adalah penyakit sejenis yang menyebabkan infeksi pada pernafasan.
Gejala : Infeksi virus Corona penderita mengalami gejala flu seperti hidung berair dan meler, sakit kepala, batuk nyeri tenggorokan dan demam, atau gejala penyakit infrksi pernafasan berat, seperti panas tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak nafas dan nyeri dada. Virus Corona muncul dalam 2 hari sampai 2 minggu setelah paparan virus Corona.
Penyebabnya : disebabkan oleh Coronavirus yaitu kelompok virus yang menginfeksi sistim pernafasan. Ada dugaan bahwa virus Corona awalnya ditularkan dari hewan ke manusia, juga diketahui dari manusia ke manusia.
Diagnosis Virus Corona : Uji sample darah, tes usap tenggorokkan untuk meneliti sample dahak dan rongen dada untuk mendiktesi infiltrat atau cairan di paru-paru.

Pengobatan :

  • Memberikan obat pereda demam dan nyeri
  • menganjurkan penderita untuk mandi air hangat
  • istihat yang cukup
  • menganjurka banyak minum air putih

Pencegahan :
  1. Hindai berpergian ke Cina
  2. Gunakan Masker saat beraktifitas
  3. Rutin cuci tangan dengan air dan sabun
  4. Hindari kontak dengan hewan
  5. Pastikan memasak daging hingga masak
  6. Tutup hidung dengan tisu saat batuk dan bersin
  7. Jangan menyentuh mata, mulut dan hidung sebelum mencuci tangan
  8. Hindari berdekatan dengan seseorang yang sedang sakit
  9. Jaga kebersihan benda yang sering disentuh